Saturday, 6 October 2012

Tokyo Metro 7000

 Sumber: flickr.com

Tokyo Metro 07 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang pada awalnya berpangkal di dipo Shin-kiba dan beroperasi di jalur Tokyo Metro Yurakucho serta melakukan perjalanan terusan/thru service ke jalur Seibu Ikebukuro dan Tobu Tojo, yang mana empat set dari keseluruhan rangkaian KRL ini (07-103F hingga 07-106F) sejak Juli 2006 hingga Maret 2007 secara bertahap diperbantukan ke jalur Tozai untuk menggantikan Tokyo Metro 5000 yang habis masa pakainya, dan dua set pertama yang tersisa (07-101F dan 07-102F) pada bulan Oktober 2007 dialihkan ke jalur Tozai menyusul keempat set lainnya.

Kini, semua KRL jenis ini beroperasi di jalur Tozai dengan thru-service ke jalur Toyo Rapid dan JR Chuo-Sobu, yang berpangkal di dipo Fukagawa.

Desain KRL ini menyerupai KRL Tokyo Metro 06 dengan 4 pintu di setiap sisinya dan satu pintu pada sisi muka untuk memenuhi standar keselamatan kereta bawah tanah. Sistem penggerak yang digunakan adalah VVVF-IGBT yang dilengkapi dengan inverter statis (SIV).

Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
  • Tokyo Metro Yurakucho: stasiun Shin-kiba hingga stasiun Ayase
  • Tokyo Metro Tozai: stasiun Nishi-funabashi hingga stasiun Nakano
  • Seibu Ikebukuro: stasiun Ikebukuro hingga stasiun Hanno
  • Toyo Rapid: stasiun Nishi-funabashi hingga stasiun Toyo-katsutadai
  • Tobu Tojo: stasiun Shinrin-koen hingga stasiun Wakoshi
  • JR Chuo-Sobu: stasiun Nakano hingga stasiun Mitaka


KRL ini diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries dan Nippon Sharyo dengan spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur Tozai-Toyo Rapid/東西線・東葉高速線: 100 km/h
- Jalur Chuo-Sobu/中央・総武緩行線: 95 km/h
- Jalur Yurakucho/有楽町線: 80 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 110 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s (biasa/常用最大)
- 5,0 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 138 orang/人 (46 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 152 orang/人 (54 tempat duduk/座席) -
- Tengah berongga/車いすスペース付中間車: 153 orang/人 (52 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 1.494 orang/人 (+/- 520 tempat duduk/座席)

8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.070 mm (20,07 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)

10. Tinggi kereta/全高 :
- Kereta ujung kendali (CT)/制御車・付随車: 4.092 mm
- Kereta tengah/中間電動車: 4.140 mm

11. Massa per kereta/車両質量 : 21,8 - 32,4 ton

12. Massa total rangkaian/編成質量 : 271,1 ton

13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

15. Keluaran daya/編成出力 : 3.280 kW

16. Gear ratio/歯車比 : 109:14 (7,79)

17. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御

18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

19. Bogie/台車 : SS-035, SS-135 monolink bolsterless/モノリンク式ボルスタレス台車

20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気 指令式空気ブレーキ  

21. Sistem keamanan/保安装置 : Digital CS-ATC, JR East ATS-P, Toyo Rapid WS-ATC

22. Pabrik/製造工場:
- Kawasaki Heavy Industries/川崎重工業
- Nippon Sharyo/日本車輌

23. Tahun pembuatan/製造年 : 1993 (Heisei 5/平成5年)

Stamformasi rangkaian Tokyo Metro 07 secara umum sama dengan stamformasi Tokyo Metro 06, yaitu:

KuHa 07-1xx (CT1) - MoHa 07-2xx (M1) - SaHa 07-3xx (T) - MoHa 07-4xx (M2) - SaHa 07-5xx (Tc1) - SaHa 07-6xx (Tc2) - MoHa 07-7xx (M3) - SaHa 07-8xx (T) - MoHa 07-9xx (M1) - KuHa 07-0xx (CT2)

dengan formasi 4M6T dan xx adalah angka dari 01 hingga 06, yang mana keseluruhan kereta bermotor traksi memiliki pantograf berjenis kubus (diamond-shape).

Untuk pengoperasian di jalur Tozai, kereta 07-3xx dipertukarkan posisinya dengan 07-8xx dan dicat dengan warna khas jalur Tozai yaitu gabungan biru muda dengan biru yang dipisahkan dengan warna putih di tengah.

Rangkaian seri ini juga memiliki kereta khusus bagi penumpang wanita (disebut dengan josei 'senyou sharyou/女性専用車両) yang terletak di kereta paling belakang atau kereta ke-10 (07-0xx).

Keterangan:

CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan kompresor udara dan baterai
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan baterai
M3 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan kompresor udara
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat
4M6T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 6 kereta tanpa motor traksi

Sumber: http://www.gm-marka.web.id/index.php?topic=618.0