Thursday, 27 September 2012

This is Rheostatik

KRL Rheostatik zaman Perumka

KRL Rheostatik AC zaman Perumka:

KRL Rheostatik kelas ekonomi:


KRL Rheostatik kelas Bisnis (cropped):

Sumber: http://www.gm-marka.web.id/showthread.php?t=376, http://70.40.210.59/showthread.php?mode=linear&tid=4190&pid=184929

Saya jawab:

1. Armada KRL rheostatik secara keseluruhan yang masih beroperasi saat ini berjumlah 110 unit, yang rinciannya:

  • 17 set rheos mild steel dengan jumlah 76 unit kereta (68 kereta dalam satu set + 2 kereta dalam rangkaian campuran KL3-84108F)
  • 8 set rheos stainless dengan jumlah 34 unit kereta (32 kereta dalam 1 set + 2 kereta dalam rangkaian campuran KL3-84108F)

Sedangkan unit yang TSGO ada 10 unit, masing-masing 8 dari mild steel dan 2 dari stainless steel (4 kereta yang terlibat PLH Ratu Jaya sudah discrap).

2. Spesifikasi teknis KRL rheostatik ---
Formasi: 2M2T (TC2-M1-M2-TC2) dan 4M2T untuk Djoko Lelono (TC2-M1-M2-M1-M2-TC1)
Percepatan (awal): 2 km/h/s
Kecepatan maksimum: 100 km/h
Perlambatan: 2,9 km/h/s (biasa), 3,7 km/h/s (sangat)
Kapasitas kereta: 137 penumpang (dengan 54 tempat duduk)
Panjang kereta: 20 m
Lebar kereta: 2,99 m
Tinggi kereta: 3,755 m
Massa kereta: 32 ton (TC), 39 ton (M)
Lebar rel/gauge: 1067 mm
Tegangan listrik: 1500 V DC
Daya keluaran motor traksi: 110 kW s/d 120 kW
Daya total traksi: 880 kW (2M2T), 1760 kW (4M2T)
Perbandingan transmisi (gear ratio): 5:6
Sistem pengereman: Rem elektromagnetik dengan tangan
Bogie: ND509
Pabrik: Kawasaki Heavy Industries, Co. Ltd dan Nippon Sharyo

3. Untuk hambatan geser saya kurang begitu mengetahui berapa besarnya hambatan geser pada motor traksi KRL rheostatik tsb.

Sumber: http://www.semboyan35.com/showthread.php?tid=4190