Friday, 30 November 2012

Daftar Kereta Api Kelas Bisnis (K2)

SENJA UTAMA SOLO A.K.A KA105 - KA106

Senja Utama Solo merupakan kereta kelas bisnis yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia Daop VI Yogyakarta dengan relasi Pasar Senen - Solo Balapan. Dinamakan Senja Utama Solo karena kereta ini berangkat meninggalkan Jakarta ataupun Solo pada malam hari.


KA SU Solo melewati st.Lempuyangan

Sumber: Wikipedia

_________________________________________________________________________________________________
FAJAR UTAMA YOGYAKARTA A.K.A KA107 - KA108


Fajar Utama Yogya merupakan kereta kelas bisnis yang dioperasikan oleh PT Kereta Api dengan relasi Pasar Senen - Tugu Yogyakarta. Dinamakan Fajar Utama Yogya karena kereta ini berangkat meninggalkan Jakarta ataupun Yogyakarta pada pagi hari.
Kereta ini berhenti beberapa stasiun besar antara lain, Stasiun Jatinegara, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatibarang, Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Karanganyar, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Wates.

KA Fajar Utama YK.JPG

Sumber: wikipedia
_______________________________________________________________________________________________
 SENJA UTAMA YOGYAKARTA A.K.A KA109 - KA110

Senja Utama Yogya merupakan kereta kelas bisnis yang dioperasikan oleh PT Kereta Api dengan relasi Pasar Senen - Tugu Yogyakarta. Dinamakan Senja Utama Yogya karena kereta ini berangkat meninggalkan Jakarta ataupun Yogyakarta pada malam hari.
Kereta ini berhenti beberapa stasiun besar, antara lain, Stasiun Jatinegara, Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Karanganyar, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo, dan Stasiun Wates.

Sumber: wikipedia
_______________________________________________________________________________________________
SAWUNGGALIH UTAMA A.K.A KA111 - KA114
 
Sawunggalih Utama merupakan kereta api penumpang yang dioperasikan oleh PT Kereta Api dengan relasi Pasar Senen - Kutoarjo.
Kereta api ini merupakan pengembangan dari Kereta Api Sawunggalih (kelas ekonomi) yang beroperasi sejak tahun 1977. Pada tahun 1984, Sawunggalih jurusan Jakarta dikembangkan dengan diluncurkannya lagi satu KA Sawunggalih kelas bisnis yang diberi nama Sawunggalih Utama. Pemberangkatan awal KA ini awalnya dari Stasiun Jakarta Kota lewat Gambir. Namun seiring kebijakan baru, pada tahun 2001 semua kereta api kelas bisnis yang pemberangkatannya dari Stasiun Gambir dialihkan ke Stasiun Pasar Senen, termasuk KA Sawunggalih Utama. Sejak saat itulah mulai banyak perubahan. Kereta api Sawunggalih Utama Pagi dari Jakarta namanya berubah menjadi Kutojaya Bisnis. Sementara Kereta api Sawunggalih Utama Malam dari Jakarta namanya tetap KA Sawunggalih Utama. Untuk Sawunggalih Ekonomi yang semula pemberangkatannya dari Stasiun Pasar Senen dialihkan ke Stasiun Tanahabang dan namanya berubah menjadi Kutojaya Ekonomi.
Pada tahun 2004, rangkaian KA Sawunggalih Utama Malam dari Jakarta yang sebelumnya hanya menyediakan kereta kelas bisnis, ditambah satu kereta kelas eksekutif. Sementara untuk KA Kutojaya Bisnis belum ditambah kereta eksekutif. Barulah pada akhir 2005 Kutojaya Bisnis ini ditambahi kereta kelas eksekutif. Sejak saat itu nama Kutojaya Bisnis tidak pernah lagi terdengar karena namanya sudah dikembalikan menjadi KA Sawunggalih Utama kembali. Untuk Kutojaya Ekonomi namanya tetap dipertahankan. Namun sayang, pada akhir tahun 2009 kelas eksekutif pada Sawunggalih Utama Pagi dari Jakarta atau Sawunggalih Utama Malam dari Kutoarjo dihapus. Jadi saat ini yang ada K1 nya hanya ada di Sawunggalih Utama Malam dari Jakarta atau Sawunggalih Utama Pagi dari Kutoarjo. Stamformasi untuk rangkaian KA 104/105 adalah 1 lokomotif CC201/CC204 + 8 K2 (bisnis) + 1 MP2 (kereta makan) + 1 B eks K2 (aling-aling). Sementara untuk rangkaian KA 103/106 yaitu 1 lokomotif CC201/CC203 + 2 K1 (eksekutif) + 1 MP2 (kereta makan) + 7 K2 (bisnis) + 1 B eks K2 (aling-aling). Mulai Juli 2011 lalu semua rangkaian kereta KA Sawunggalih Utama yang sebelumnya berkode PWT sekarang berkode KTA.
Sawunggalih Utama memiliki perjalanan sejauh 450 km yang ditempuh dalam waktu sekitar tujuh setengah jam.
Kereta ini melewati beberapa stasiun besar, antara lain, Stasiun Jatinegara, Stasiun Cirebon, dan Stasiun Purwokerto.

KA Sawunggalih Utama.jpg

Sumber: wikipedia
_______________________________________________________________________________________________
SENJA DAN FAJAR UTAMA SEMARANG A.K.A KA115 - KA116 DAN KA117 - KA118

Fajar/ Senja Utama Semarang merupakan kereta kelas bisnis yang dioperasikan oleh PT Kereta Api. Fajar Utama Semarang dijalankan dengan relasi Semarang Tawang - Pasar Senen yang berangkat pada pagi hari. Sedangkan Senja Utama Semarang berangkat dari Pasar Senen menuju Semarang Tawang pada malam hari.
Kereta ini melewati beberapa stasiun besar, antara lain, Stasiun Jatinegara, Stasiun Cirebon Prujakan, dan Stasiun Pekalongan.

Sumber: wikipedia
_______________________________________________________________________________________________