Friday, 23 November 2012

Kereta Api Argo Jati (KA15 - KA18)

Kereta Api Argo Jati adalah kereta api kelas eksekutif argo non-aktif yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Jakarta Gambir (GMR) dari dan ke stasiun Cirebon. Kereta api Argo Jati digantikan oleh kereta api New Argo Jati pada tanggan 3 November 2010.[1][2]
Kereta ini diluncurkan perdana pada tanggal 12 April 2007 pukul 14.00 dengan loko CC20335.[1] Rangkaian kereta yang digunakan KA Argo Jati adalah bekas sebagian rangkaian kereta api Argo Gede Bandung - Jakarta yang dihapus pengoperasiannya. Kereta api Argo Jati berangkat dari stasiun Kejaksan dan hanya berhenti di Stasiun Jatibarang, Stasiun Jatinegara dan mengakhiri perjalanannya di Stasiun Gambir.

Peluncuran

Peluncuran perdana kereta api Argo Jati dilaksanakan pada tanggal 12 April 2007 yang merupakan hasil improvisasi/peningkatan dari kereta api Cirebon Ekspres yang diresmikan tanggal 13 Mei 2005, sebagai cikal bakal kereta api Argo Jati.[1] Animo masyarakat kota Cirebon dan sekitarnya terhadap layanan kereta api kelas eksekutif yang semakin meningkat, sehingga PT. Kereta Api Indonesia (persero) berupaya meningkatkan layanan kelas eksekutif argo dengan jurusan Jakarta Gambir (GMR) dari dan ke stasiun Cirebon. Dengan pola operasi 2 kali PP diawali pemberangkatan awal dari Cirebon di pagi hari kembali dan berangkat lagi ke Jakarta pada siang harinya. Rangkaian kereta api Argo Jati terdiri dari 6 kereta kelas eksekutif (seperti) pesawat (K1), 1 kereta makan/restorasi (seperti) pesawat (KM), dan 1 Kereta Pembangkit (MP).

Penghentian operasi

Pada tanggal 3 November 2010 kereta api New Argo Jati diluncurkan sebagai pengganti kereta eksekutif Argo Jati yang diperkenalkan pada tanggal 12 April 2007 yang secara otomatis menghentikan operasi kereta api Argo Jati.

sumber: wikipedia