Friday, 23 November 2012

Kereta Api Argo Sindoro (KA11 - KA12)

Kereta Api Argo Sindoro adalah kereta api kelas eksekutif argo yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Jakarta (GMR) - Semarang (SMT) dan sebaliknya.

Rangkaian kereta api Argo Sindoro menggunakan rangkaian kereta Argo Anggrek. Semua kereta ini adalah kelas eksekutif. Selama perjalanan, kereta api ini hanya berhenti di Stasiun Pekalongan, Tegal,Cirebon, dan Jatinegara.
Mulai bulan Desember tahun 2011, kereta api Argo Sindoro sudah tidak lagi menggunakan kereta yang seperti Argo Anggrek dikarenakan semua kereta anggrek yang sering mengalami masalah ditarik untuk diperbaiki di INKA Madiun. Sebagai gantinya KA Argo Sindoro menggunakan kereta eksekutif argo standar SMC cadangan Argo Muria dan Harina. Rangkaian KA Argo Sindoro terdiri dari 7-8 kereta kelas eksekutif argo (K1), 1 Kereta Makan (KM), dan 1 Kereta Pembangkit Listrik (BP).

Asal Usul Nama

Sementara pemakaian nama Sindoro menggunakan nama Gunung Sindoro yang berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Pemakaian nama ini karena argo (jw:hargo) itu sendiri berarti gunung. Walaupun brand name atau penamaan argo menandakan fasilitas dan ketepatan waktu yang lebih dari kelas kereta api yang lain yakni eksekutif,bisnis maupun ekonomi, namun pada kenyataannya semua hal tersebut tidaklah beda dengan kereta api kelas full eksekutif.

Jadwal Kereta Api

Kereta Api Argo Sindoro, sesuai dengan GAPEKA per 1 Desember 2011, diberangkatkan dari Stasiun Semarang Tawang pukul.05.30, dan akan berhenti di stasiun Pekalongan, stasiun Tegal, Stasiun Cirebon, Stasiun Jatinegara dan sampai di stasiun Jakarta Gambir diperkirakan pukul 11.36, sedangkan dari Jakarta Gambir, kereta api Argo Sindoro akan diberangkatkan pada pukul 16.45 dan berhenti di stasiun Cirebon, Stasiun Tegal, stasiun Pekalongan dan akhirnya diperkirakan sampai di stasiun Semarang Tawang pada pukul 23.10.