Friday, 7 December 2012

DAOP 3 Cirebon

PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi III Cirebon atau disingkat dengan DAOP 3 Cirebon adalah salah satu daerah operasi perkereta-apian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api (Persero) yang berada di bawah Direksi PT Kereta Api (Persero) dipimpin oleh seorang Kepala Daerah Operasi (KADAOP) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direksi PT Kereta Api (Persero). DAOP III Cirebon juga merupakan satu-satunya DAOP yang memiliki KA dengan okupansi tertinggi, yaitu Cirebon Ekspress. Sedangkan untuk Argo Jati menempati posisi ke-3.
Daerah Operasi III Cirebon memiliki tiga stasiun besar, di antaranya adalah stasiun Cirebon, stasiun Jatibarang dan stasiun Prujakan, sedangkan stasiun kereta api kelas menengah di antaranya adalah stasiun Ciledug, stasiun Brebes, stasiun Haurgeulis, dan stasiun Pagadenbaru. Gudang kereta api berada di stasiun Jatibarang, sedangkan dipo lokomotif berada tak jauh dari stasiun Cirebon.

Kereta api penumpang yang berada di bawah pengoperasian DAOP 3 Cirebon di antaranya adalah:
  1. Kereta api Cirebon Ekspres, kereta campuran bisnis dan eksekutif tujuan stasiun Gambir-stasiun Cirebon hingga ke stasiun Tegal;
  2. Kereta api Argo Jati, kereta eksekutif argo tujuan stasiun Gambir-stasiun Cirebon.

Lintas beroperasi

Lintas tak beroperasi


Dipo Lokomotif Cirebon (CN)

Dipo ini terletak di Jalan Pancuran Gang Dipo Cirebon, tak jauh dari Stasiun Cirebon. Dipo lokomotif ini hanya memiliki sedikit lokomotif diesel elektrik dan beberapa lokomotif langsir. Walaupun ketersediaan lokomotif sedikit, dipo ini memiliki kereta derek (crane). Yang lebih istimewa lagi adalah dipo lokomotif ini memiliki satu lokomotif legendaris, yaitu lokomotif CC200 15.Seluruh lokomotif disini berwarna putih kecuali CC200 15 Beberapa Lokomotif yang ada di Dipo Cirebon.
  • CC 201 : CC201 25 - CC201 26R - CC201 27 - CC201 28 - CC201 29
  • CC 203 : CC203 35
  • CC 204 : CC204 36

Stasiun kereta api

Catatan: Stasiun besar yang bercetak miring tebal, dan stasiun menengah yang bercetak miring.