Sunday, 2 December 2012

Bogie



Bogie (play / boʊɡi / BOH-ghee) adalah sebuah gerobak roda atau troli. Dalam hal mekanik, bogie adalah chassis atau kerangka membawa roda, melekat pada kendaraan. Hal ini dapat diperbaiki di tempat, seperti pada sebuah truk kargo, dipasang di putar, seperti pada gerbong kereta api / mobil atau lokomotif, atau bermunculan seperti pada suspensi kendaraan ulat dilacak, atau sebagai perakitan di landing gear dari pesawat.

Sebuah bogie di Inggris, atau truk roda, atau hanya truk di Amerika Utara, adalah struktur bawah kereta api yang as (dan, karenanya, roda) yang terpasang melalui bantalan. Di India Inggris, bogie juga bisa merujuk ke seluruh gerbong kereta api.

Kereta api Inggris pertama untuk membangun pelatih dengan bogie, bukan as kaku dipasang, adalah Kereta Api Midland pada tahun 1874.

Bogie melayani sejumlah tujuan:
- Dukungan dari badan kendaraan rel.- Stabilitas pada kedua lintasan lurus dan melengkung.- Memastikan kenyamanan berkendara dengan menyerap getaran dan meminimalkan kekuatan sentrifugal ketika      kereta berjalan pada kurva dengan kecepatan tinggi.- Meminimalkan generasi penyimpangan jalur kereta api dan abrasi
Biasanya, dua bogie dipasang ke setiap gerobak, kereta atau lokomotif, satu pada setiap ujung. Sebuah konfigurasi alternatif yang sering digunakan dalam kendaraan diartikulasikan, yang menempatkan bogie (sering jacobs bogie) di bawah hubungan antara gerbong atau wagon.
Bogie Kebanyakan memiliki dua as, karena ini adalah desain sederhana, tetapi beberapa mobil yang dirancang untuk beban yang sangat berat telah dibangun dengan sampai lima as per bogie. Tugas berat mobil mungkin lebih dari dua bogie menggunakan rentang guling untuk menyamakan beban dan menghubungkan bogie ke mobil.
Biasanya, lantai kereta berada pada tingkat di atas bogie, tapi lantai mobil mungkin lebih rendah antara bogie, misalnya untuk kereta bersusun untuk menambah ruang interior sementara tinggal di dalam pembatasan ketinggian, atau mudah-akses, stepless- masuk, lantai rendah kereta.
Komponen kunci dari bogie meliputi:
- Bingkai bogie: Ini dapat dari tipe frame dalam mana rangka utama dan bantalan antara roda, atau (lebih umum) dari tipe frame luar di mana frame utama dan bantalan berada di luar roda.

- Suspensi untuk menyerap guncangan antara frame bogie dan badan kendaraan rel: jenis umum adalah coil springs, atau airbag karet.
- Setidaknya satu wheelset, terdiri dari poros dengan bantalan dan roda pada setiap akhir Suspensi box poros menyerap guncangan antara bantalan poros dan frame bogie. Suspensi box poros biasanya terdiri dari pegas antara frame bogie dan bantalan poros untuk memungkinkan gerakan naik-dan-turun, dan slider untuk mencegah gerakan lateral. Sebuah desain yang lebih modern menggunakan pegas karet padat.- Rem peralatan: Dua jenis utama yang digunakan: sepatu rem yang ditekan terhadap tapak roda, dan rem cakram dan bantalan.- Dalam kendaraan bertenaga, beberapa bentuk transmisi, biasanya bertenaga listrik motor traksi atau konverter torsi hidrolik
Koneksi dari bogie dengan kendaraan rel memungkinkan tingkat tertentu gerakan rotasi sekitar poros sumbu vertikal (guling), dengan pembawa sisi mencegah gerakan berlebihan. Lebih modern, bolsterless bogie desain menghilangkan fitur ini, alih-alih mengambil keuntungan dari gerakan ke samping dari suspensi untuk memungkinkan gerakan rotasi.