Thursday, 6 December 2012

Daftar Kereta Api Ekonomi AC (K3)

Bogowonto

Kereta api Bogowonto adalah rangkaian kereta api ekonomi yang pada awalnya melayani relasi Jakarta Pasar Senen - Kutoarjo. KA Bogowonto diresmikan pertama kali pada hari Jumat, 3 September 2010 dan merupakan KA ekonomi pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara (AC). Namun seiring peningkatan pelayanan kepada pengguna KA, maka mulai 1 Maret 2012 KA Bogowonto rutenya diperpanjang hingga Yogyakarta. KA Bogowonto ini berangkat dari Pasarsenen menuju Yogyakarta malam pagi hari pukul 18.40, dan pukul 07.30 dari Yogyakarta menuju Jakarta (Pasarsenen), karena permintaan Penumpang di Stasiun Tugu Yogyakarta. KA ini memakai rangkaian gerbong pesanan Menteri Perhubungan. Mulai bulan Maret 2012, KA Bogowonto mengalami kenaikan tarif seperti KA Gajah Wong menjadi antara Rp. 125.000 - Rp. 155.000
Sepanjang perjalanan, KA Bogowonto berhenti normal di Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kebumen, Stasiun Karanganyar, Stasiun Gombong, Stasiun Kroya, Stasiun Purwokerto, Stasiun Bumiayu,Stasiun Cirebon, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Jatinegara. Namun bisa saja berhenti di stasiun-stasiun lain bila akan mengalami persilangan dengan KA lain, Tarif lebih mahal tetapi Okupansi penumpang di KA Ini sangatlah baik, Walaupun Kereta ini di perpanjang hingga Stasiun Yogyakarta, tetapi KA Bogowonto tetap dikelola oleh Daerah Operasi V Purwokerto, dan tetap jadi andalan penumpang dari atau tujuan Daerah Operasi V Purwokerto.
_________________________________________________________________________________________________
Gajah Wong

Kereta api Gajah Wong adalah rangkaian kereta api ekonomi AC yang melayani relasi Jakarta Pasar Senen - Lempuyangan. KA Gajah Wong diresmikan pertama kali pada hari Kamis, 25 Agustus 2011 saat musim mudik lebaran 2011 dan merupakan KA ekonomi kedua di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara (AC) setelah KA Bogowonto. KA yang merupakan produksi PT INKA ini berangkat dari Pasarsenen menuju Lempuyangan pada pagi hari pukul 07.45 dan pukul 19.30 dari Lempuyangan menuju Jakarta (Pasarsenen). Susunan rangkaian KA Gajah Wong adalah 12 kereta ekonomi AC (K3) dan satu kereta makan pembangkit (MP3). Tarif karcis KA Gajah Wong adalah Rp. 125,000,00 - Rp. 155.000,00
_______________________________________________________________________________________________
Majapahit

Kereta api Majapahit adalah kereta api penumpang kelas ekonomi ac yang dimiliki dan dioperasikan PT Kereta Api Indonesia yang melayani koridor Malang - Pasar Senen via Semarang Tawang di Jawa, Indonesia.
Rangkaian yang digunakan merupakan rangkaian buatan PT.INKA. Awalnya kereta api ini bernama Senja Kediri yang diluncurkan sejak 5 Desember 2009 dengan rute Kediri - Semarang - Pasar Senen. Lalu pada tanggal 23 Desember 2009 rute kereta ini diperpanjang hingga Kota Tulungagung dengan jadwal kedatangan pukul 06.15 di Tulungagung dan pada tanggal 1 Juli 2011 diperpanjang hingga Stasiun Malang (dengan uji coba sejak 27 Juni 2011). Dan seiring dengan berlakunya Grafik Perjalanan KA (GAPEKA) 2011 yang efektif pada 1 Maret 2012, maka mulai tanggal tersebut KA Senja Kediri berubah nama menjadi KA Senja Singosari. Nama "Singosari" diambil dari nama Kerajaan Singosari yang dulunya berpusat di Malang. Kemudian pada tanggal 21 September 2012 KA Senja Singosari resmi dihapus dan digantikan dengan KA Majapahit dengan nomor GAPEKA 93L-94L.
Dengan tarif Dewasa sebesar Rp.225.000,00-Rp.280.000,00 dan tarif Anak sebesar Rp.180.000,00-Rp.220.000,00, KA Majapahit diberangkatkan dari Stasiun Malang pukul 13.25 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 06.30 WIB. Sebaliknya, kereta ini diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pukul 15.05 WIB dan tiba di Malang pukul 08.11 WIB.
Kereta api Senja Singosari tujuan Pasar Senen Jakarta pemberangkatan dari Stasiun Malang berhenti di Stasiun Kepanjen, Stasiun Wlingi, Stasiun Blitar, Stasiun Tulungagung, Stasiun Kediri, Stasiun Kertosono, Stasiun Nganjuk, Stasiun Caruban,Stasiun Madiun, Stasiun Paron, Stasiun Walikukun, Stasiun Kedungjati, Stasiun Brumbung, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara dan berakhir di Stasiun Pasar Senen.
_______________________________________________________________________________________________

Yang saya bahas hanya ada tiga saja, karena sebagian KA Ekonomi AC sudah dibahas di post sebelumnya-->Daftar KA Ekonomi