Wednesday, 15 May 2013

Cara Memesan (Booking) Tiket Kereta Api

Bagi anda yang terbiasa menggunakan jasa angkutan Kereta Api, dan ingin melakukan perjalanan keluar kota menggunakan jasa angkutan kereta api, Dengan tujuan mengunjungi saudara, Orang tua atau untuk keperluan bisnis. Mulai sekarang PT. Kereta Api menerapkan kebijakan pada calon penumpang kereta api, Dengan mewajibkan untuk menunjukkan KTP (kartu tanda penduduk) bila ingin membeli Tiket Kereta Api.

Tujuan PT. Kereta Api mewajibkan penumpang menunjukkan KTP adalah untuk memperbaiki pelayanan, memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi penumpang. Agar tidak ada penumpang yang tidak kebagian tempat duduk, sehingga sampai berdiri atau sampai duduk di Toilet. Tujuan lainnya agar tidak ada Calo yang memborong Tiket, Lalu menjual ke calon penumpang dengan mempermainkan harga Tiket. sehingga harganya menjadi lebih mahal.

Karena PT Kereta Api  hanya menjual Tiket susuai dengan jumlah kursi yang ada pada gerbong kerata api, Maka bila anda ingin menggunakan jasa kereta api, Lebih baik anda melakukan pemesanan Tiket terlebih dahulu, sebelum hari keberangkatan. Karena dikawatirkan anda tidak akan kebagian atau kehabisan Tiket, yang disebabkan oleh semakin tingginya minat penduduk untuk menggunakan jasa Kereta Api.

Anda dapat melakukan pemesanan Tiket kereta api, Dengan berbagai cara yang ditawarkan oleh pihak PT kereta api, berikut cara pemesanan Tiketnya :

1. Pemesanan Langsung Melalui Stasion Terdekat.
Anda bisa  melakukan pemesanan langsung, dengan mendatangi beberapa stasion terdekat di Kota anda. Disana anda akan diwajibkan untuk mengisi formulir pemesanan tiket, dan rincian formulir yang harus diisi adalah sebagai berikut :
       a. Nama dan identitas pemesan.
       b. No telepon yang bisa dihubungi.
       c. Nama Penumpang
       d. Nomor identitas penumpang. 
       e. Kota asal keberangkatan.
       f. Kota tujuan.

2. Pemesanan Online lewat website PT Kereta Api.
Anda bisa melakukan pemesanan tiket secara online melalui website resmi PT Kereta Api, dengan alamat URL:  http://www.kereta-api.co.id . Jika anda sudah membuka alamat website PT Kereta Api, anda tinggal memasukkan Kota asal -----> lalu kota tujuan ------> lalu masukkan kode verifikasi. Dan tidak lama kemudian akan Muncul nama kereta api yang melayani, dan  rute yang anda tuju, Anda tinggal memilih nama kerata api yang sesuai dengan jam keberangkatan yang anda inginkan.

3. Anda bisa membeli Tiket Kereta Api di Toko waralaba yang melakukan kerja sama dengan PT Kereta Api.
Anda bisa melakukan pemesan Tiket malalui Toko waralaba yang berada didekat rumah anda, seperti Indomaret, dengan menunjukkan KTP (kartu tanda penduduk). Maka petugas kasir akan melakukan pemesanan Tiket sesuia dengan kartu Indentitas anda atau KTP, Serta sesuai dengan kota tujuan Anda. Tapi anda akan dikenakan Chas oleh pihak toko Indimaret.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, Semoga lain kali bisa menjadi panduan bagi anda yang ingin menggunakan jasa PT Kereta Api.
Sekian dan Terima kasih. 


Sumber: http://healthy-safe.blogspot.com/2013/03/cara-memesan-booking-tiket-kereta-api.html