Wednesday, 15 May 2013

KAI: tiket kereta Lebaran masih tersedia

Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menegaskan bahwa tiket kereta api angkutan Lebaran 2013 belum habis terjual.

"Kami tegaskan bahwa tiket kereta yang habis terjual itu adalah jenis reguler, sedangkan tiket angkutan Lebaran masih tersedia dan belum dijual," kata Kepala Humas KAI, Mateta Rizalulhaq, di sela seminar nasional "Keselamatan Perkeretaapian Indonesia 2013" di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya banyak pemberitaan media massa dan informasi dari media sosial yang menyebutkan tiket mudik Lebaran 2013 sudah ludes.

Menurut Mateta, hingga kini pihaknya belum menjual tiket kereta angkutan Lebaran karena harus disesuaikan dengan Rencana Operasi KAI yang sedang berlangsung.

"Segera setelah Rencana Operasi KAI Angkutan Lebaran selesai, pasti kita umumkan kapan melepas tiketnya kepada publik," tegas Mateta.

Ia menjelaskan, dalam Rencana Operasi tersebut dibahas menyangkut jumlah rangkaian kereta termasuk tambahannya terutama pada H-7 hingga H+7 Lebaran, yang dibagi dalam jenis ekonomi, bisnis dan eksekutif.

Biasanya pada kereta reguler menarik sebanyak 6-7 gerbong, namun ketika Lebaran akan ditambah masing-masing 2 gerbong setiap rangkaian.

Perjalanan kereta dari Jakarta pada hari biasa tercatat sebanyak 49 setiap hari dan pada Lebaran ditambah hingga 12 perjalanan per hari.

"Intinya angkutan kereta api Lebaran, akan mengoptimalkan jumlah rangkaian, dan jumlah perjalanannya," ujarnya.

Meski demikian Mateta belum memastikan penambahan rangkaian kereta Lebaran karena harus disesuaikan hasil rapat Rencana Operasional yang dimaksud.

Sumber: Antara News