Tuesday, 16 July 2013

PT Kereta Api Buka Rute Madiun-Merak

TEMPO.COBandung - PT Kereta Api Indonesia akan membuka layanan kereta baru untuk rute Madiun-Merak mulai 24 Juli 2013 nanti. 

“Namanya KA Krakatau (Ekspres). Berangkat dari Madiun kita rencanakan pagi, masuk Merak dinihari. Berangkat dari Merak juga demikian, pagi jam 5, masuk Madiun jam 9 (malam),” kata VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia, Sugeng Priyono, Selasa, 16 Juli 2013.

Menurut dia, baru kali ini PT Kereta Api membuka layanan kereta yang melintasi rute Madiun langsung menuju Merak. Biasanya, para penumpang kereta dari arah Jawa berganti kereta jika hendak menuju Merak. “Dulu tidak ada yang langsung,” kata Sugeng. “Ini rute baru, kereta api baru, rangkaiannya juga baru.”

Sugeng mengatakan, pihaknya berharap akses langsung dari Jawa Timur dan Jawa Tengah menuju Merak itu bisa menjadi alternatif warga. “Kita tahu sekarang ini, jalan raya walaupun lewat tol ke Merak, demikian crowded. Kita tidak bisa tentukan berapa jam sampai Merak karena sangat fluktuatif, bergantung cuaca dan kepadatan kendaraan keluar-masuk Merak,” kata dia.

Rute Madiun-Merak itu akan dilayani oleh dua rangkaian kereta. Tiap rangkaian kereta menarik delapan gerbong penumpang. Sugeng mengatakan, dalam sehari melayani rute itu, KA Krakatau Ekspres bisa mengangkut hingga 1.216 penumpang. “Ini kereta khusus penumpang,” kata dia.

Soal tarif, Sugeng mengatakan, pihaknya masih dibicarakan bersama Kementerian Perhubungan, terutama terkait apakah penumpang kereta ini dapat jatah subsidi PSO (public service obligation) atau tidak. Kalau tarif dihitung tanpa subsidi, sekitar Rp 185 ribu per penumpang. “Kalau komersial, tarifnya kita yang tentukan. Kalau ekonomi, tarif yang menentukan pemerintah,” kata dia.

Sugeng mengatakan, kereta baru itu sengaja dibuka sepekan sebelum masa angkutan Lebaran. PT Kereta Api memproyeksikan kereta baru ini sebagai kereta tambahan untuk membantu mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa angkutan Lebaran.