Tuesday, 21 May 2013

Semboyan Kereta Api Indonesia | Semboyan 11 - 20

Semboyan 11

Semboyan 11 adalah semboyan wesel yang berupa:

papan hijau berbentuk lingkaran;
anak panah pada tiang wesel menyiku dengan sumbu sepur atau sesuai dengan arah belok sepur;
terlihat lampu wesel menunjukkan kaca hijau atau papan hijau persegi di sisi wesel;
terlihat lampu wesel pada tiang wesel bercahaya hijau atau hijau di sisi putih (di malam hari) (lampu putih menunjukkan arah ke sepur belok).

Semboyan 11 mengisyaratkan bahwa wesel/percabangan jalur kereta api menuju ke sepur belok atau berbelok, kereta api boleh berjalan dengan kecepatan maksimal 30 kilometer per jam.

Semboyan 12


Semboyan 12 adalah semboyan wesel yang mengisyaratkan tentang arah belok sepur pada wesel Inggris.

Semboyan 12A


Semboyan 12A adalah semboyan wesel yang mengisyaratkan tentang arah belok sepur pada wesel Inggris yang berupa:

papan persegi pada tangkai wesel memperllliatkan warna putih ke dua jurusan, atau

lampu wesel bercahaya putih ke­ dua jurusan.

Semboyan 12A menunjukkan bahwa wesel Inggris terlayan silang ke dua jurusan menuju ke sepur lempeng atau tidak berbelok.

Semboyan 12B


Semboyan 12B adalah semboyan wesel yang mengisyaratkan tentang arah belok sepur pada wesel Inggris yang berupa:

papan persegi pada tangkai wesel memperllliatkan warna hijau ke dua jurusan, atau

lampu wesel bercahaya hijau ke­dua jurusan.

Semboyan 12B menunjukkan bahwa wesel Inggris terlayan silang atau saling berbelok.

Semboyan 13


Semboyan 13 adalah semboyan wesel yang mengisyaratkan tentang arah belok sepur pada wesel Inggris

Semboyan 13A


Semboyan 13A adalah semboyan wesel yang mengisyaratkan tentang arah belok sepur pada wesel Inggris yang berupa:

garis putih tegak pada dinding lampu wesel Inggris;
garis bercahaya putih tegak pada dinding lampu wesel Inggris.

Semboyan 13A mengisyaratkan bahwa wesel Inggris terlayan sejajar menuju ke sepur lempeng yang searah atau hampir searah dengan sepur utama.

Semboyan 13B


Semboyan 13B adalah semboyan wesel yang mengisyaratkan tentang arah belok sepur pada wesel Inggris yang berupa:

garis putih menyerong pada dinding lampu wesel Inggris;
garis bercahaya putih menyerong pada dinding lampu wesel Inggris.

Semboyan 13B mengisyaratkan bahwa wesel Inggris terlayan jajar menuju ke sepur lempeng yang searah atau hampir searah dengan sepur utama.

Semboyan 14


Semboyan 14 adalah semboyan yang berupa lampu atau tanda (berwarna merah) pada corong air yang tidak menyala/tidak terlihat yang menyatakan bahwa corong air tidak merintangi jalan.

Semboyan 15


Semboyan 15 adalah semboyan yang berupa lampu atau tanda (berwarna merah) pada corong air yang menyala/terlihat yang menyatakan bahwa corong air merintangi jalan.

Semboyan 16


Semboyan 16 adalah semboyan yang berupa lampu atau tanda (berwarna merah) pada jembatan timbang yang tidak menyala/tidak terlihat yang menyatakan bahwa jembatan timbang boleh dilalui.

Semboyan 17


Semboyan 17 adalah semboyan yang berupa lampu atau tanda (berwarna merah) pada jembatan timbang yang menyala/terlihat yang menyatakan bahwa jembatan timbang tidak boleh dilalui.

Semboyan 18

Semboyan 18 batas ruang bebas

Semboyan 18 adalah semboyan yang berupa tanda patok atau tanda lainnya yang menunjukkan bahwa rangkaian kereta api tidak boleh melampaui batas tanda ruang bebas. Semboyan ini bertujuan agar antar-rangkaian kereta api tidak saling bersinggungan.

Semboyan 20

Semboyan 20 berupa tiga titik lampu yang menyala pada lokomotif kereta api.

Semboyan 20 merupakan semboyan terlihat yang berupa lampu utama yang menyala pada satu, dua atau tiga titik pada lokomotif kereta api terutama pada malam hari, pada visibilitas yang kurang atau pada situasi yang diperlukan.

Semboyan ini berfungsi untuk:

menunjukkan ujung kepala atau poros awal rangkaian kereta api dan juga
sebagai tanda atau isyarat bahwa lokomotif atau kereta api sedang berjalan ke arah lampu yang menyala.
pemberi tanda kereta akan melintas sesuai arah lampu, agar pengguna/kendaraan/masyarakat menyingkir dari jalur yang akan dilintasi.

Sumber: http://www.facebook.com/fajar.adam.33?fref=ts